• RSS
  • Facebook
  • Twitter
Comments

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu 'alaykum warahmatullahi wabarakatuhu
"laqad kana fi rasulillahi uswatun hasanah"  [QS Al-Ahzab: 21]
Kita semua sepakat bahwa totalitas dalam diri Rasulullah SAW itu ada teladan yang baik. Dari tutur kata Beliau, akhlak Beliau, kecerdasan Beliau, gaya hidup Beliau, hingga tata cara ibadah terbaik yang Beliau contohkan, termasuk juga dalam hal berdoa.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita bahwasanya Allah SWT "malu" ketika ada hambanya yang berdoa kepada-Nya dengan penuh kerendahan dan penuh dengan pujian-pujian untuk-Nya melainkan Allah akan mengabulkannya. Sebagaimana Allah berfirman,
"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk Neraka Jahannam dalan keadaan hina-dina" [QS Al-Mukmin: 60]
Di setiap kisah kehidupan Rasulullah SAW, kita akan banyak menemukan kisah doa-doa Rasulullah SAW yang kejadian terkabulnya disaksikan langsung oleh para sahabat atau bahkan oleh para kaum kafir Quraisy. Kita mengenal kisah keislaman Umar ibnu Khattab setelah Rasulullah SAW berdoa,
"Yaa Allah, kuatkanlah agama ini dengan keislaman salah seorang dari dua Umar" [HR At-Tirmidzi]
Dan masih banyak lagi kisah-kisah yang menunjukkan doa-doa Rasulullah senantiasa dikabulkan oleh Allah. Oleh karena itu, sudah seyogyanya bagi muslim untuk mencontoh Rasul dalam berbagai doa yang berkaitan dengan kehidupan kita.

Doa Rasulullah SAW yang paling populer

Doa Rasulullah yang paling populer di antara muslim dan memang merupakan doa yang paling rutin Rasulullah panjatkan adalah doa berikut,
"Rabbana 'atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina adzabannar" [HR Bukhari]
Biasanya muslim memanjatkan doa ini setiap setelah shalat. Doa ini populer disebut oleh orang-orang kita dengan sebutan "doa sapu jagad". Karena memang doa ini mencakupi segala aspek kebutuhan manusia akan kebaikan dalam kehidupan dunia dan akhirat dan kebutuhan manusia akan keselamatan dari siksa neraka.

Doa Rasulullah SAW yang paling tidak populer

Nah, ane di sini ga akan terlalu dalam membahas doa yang paling populer tadi. Tapi justru kebalikannya, ane akan membahas doa yang paling tidak populer. Entah karena masyarakat memang belum banyak yang tahu atau memang karena isi doanya yang cukup "gak mainstream". Berikut lafazh do'anya:
"Allahumma ahyini miskinan wa amitni miskinan wakhsyurni fi zumratil masakin" [HR. At-Tirmidzi]
Terjemahannya kira-kira seperti ini,

"Yaa Allah, hidupkan aku dalam keadaan miskin, dan matikan aku dalam keadaan miskin dan bangkitkanlah aku di hari akhir bersama orang-orang miskin".

Dalam beberapa tafsir, disebutkan bahwa yang dimaksud miskin dalam doa ini bukanlah kekurangan harta, melainkan miskin di sini maksudnya adalah tawadhu’ dan rendah hati.

Imam Baihaqi mengatakan, “Menurut saya, Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam tidak bermaksud meminta keadaan miskin yang berarti kurang harta tetapi miskin yang berarti tawadhu’ dan rendah hati.” (Dinukil dan disetujui oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar dalam Al-Talkhis Habir 3:1108)

Imam Ibnu Atsir berakta dalam An-Nihayah fi Gharibil Hadis 2:385 mengatakan, “Maksud Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam adalah tawadhu’ (rendah hati) dan agar tidak termasuk orang-orang yang sombong dan angkuh.”

Wallahu a'lam.

Tapi jika kita melihat bagaimana Rasulullah memang menjalani kehidupan dengan gaya hidup yang sederhana dan bagaimana keadaan ekonomi Rasulullah ketika beliau meninggal, maka tidak menutup kemungkinan bahwa makna miskin yang disebut dalam doa Rasulullah tersebut memang miskin dalam makna sebenarnya.

Kita sama-sama mengetahui kisah haru Umar ibnu Khattab yang menangis ketika menjumpai Rasulullah SAW di tempat Beliau singgah. Antum bisa membaca kisahnya lagi di link berikut: madinatulilmi.com

Antum juga bisa mencoba memaknai sendiri arti miskin yang dimaksudkan dalam doa Rasulullah tersebut setelah membaca riwayat lengkap yang menceritakannya. Berikut riwayatnya.
Aisyah mendengar Rasulullah berdoa : "Ya Allah, jadikanlah gaya hidupku seperti gaya hidup orang miskin, cabutlah nyawaku dalam keadaan miskin, lalu kumpulkanlah aku pada Hari Kiamat bersama kelompok orang miskin".

Mendengar doa itu Aisyah protes : "Mengapa engkau berdoa seperti itu wahai Rasulullah ?", Beliau menjawab :

"Orang-orang miskin akan masuk Sorga 40 tahun lebih awal dari pada orang-orang kaya, wahai Aisyah jangan pernah menolak orang-orang miskin meski engkau hanya bisa memberi separuh biji korma, cintailah orang miskin dan dekatkanlah mereka kepadamu agar Allah juga mendekatkanmu kepadaNYA pada Hari kiamat nanti". [HR.Tirmidzi, Baihaqi dan Mundziri]
Astaghfirullah..

Sudah seberapa dekat kita dengan orang-orang miskin?

Categories:

12 Responses so far.

  1. jenny says:

    ahmad itu memang orang miskin, nabi termiskin nomor 2, harta istrinyapun habis dipakainya untuk siar, jadi dia memang miskin bener, bukan miskin itu rendah hati

  2. Bismillah.

    Maaf, saudara/sahabat Jenny.

    Terima kasih atas komentarnya, tapi itu kenapa pake diranking segala ya nabi-nabinya? ==

    Dalam Islam, kami tidak membeda-bedakan para Nabi. Semua adalah sama utusan Allah SWT untuk kita jadikan teladan dan hikmah dalam kehidupan dunia.

    Menanggapi komentar Saudara yang sepertinya agak mendiskreditkan Rasulullah, saya ingin mengingatkan Anda beberapa hal.

    Pertama yang ingin saya ingatkan adalah, terlepas dari Beliau miskin atau apa, Rasulullah SAW itu adalah orang yang paling sejahtera karena Allah dan para Malaikat bershalawat atas nama Rasulullah SAW, mendoakan kesejahteraan untuk Rasulullah SAW.

    Terserah dunia mau menyebut Beliau miskin atau apa, faktanya adalah Rasulullah SAW menjadi orang yang paling berpengaruh pada kehidupan dunia ini (ya, tentunya atas kehendak Allah SWT).

    Dan Rasulullah SAW memilih hidup sederhana bukan karena Beliau tidak mampu untuk bermegah-megahan dengan harta. Saudara Jenny tahu, dengan pengaruh syiarnya yang begitu kuat, Rasulullah SAW bahkan pernah ditawarkan kedudukan tertinggi oleh kaum kafir untuk memberhentikan syiarnya? Tapi Rasulullah SAW menolak, karena Beliau ingin memberikan hikmah bahwa bukan harta ataupun kedudukan yang dapat memperbaiki kehidupan ini, tapi akhlak dan amal terbaik.

    Rasulullah SAW memilih hidup sederhana untuk memberi contoh kepada kita bagaimana seharusnya memposisikan harta dalam kehidupan kita, untuk mengingatkan kita bahwa ada hak orang lain dalam harta kita, terutama hak orang miskin. Dan itu ditegaskan oleh Rasulullah dengan berdoa seperti ini. Yakni dekat dengan orang miskin.

    Semoga bisa memperjelas.

  3. Rosululloh SAW berda'wah dari kaya sampai miskin....
    Klo 'Ulama gaul jaman sekarang dari miskin ke kaya....hehehehe

  4. abdiman says:

    jangan reaktif gitu dong mybro. mbak jenny gak salah tuh. mau diartikan miskin harta, atau miskin (ketenangan jiwa), semuanya sesuai fakta. saya juga tidak melihat ada upaya mbak jenny mendiskreditkan rasulullah. bahkan jika ada pun, nabi bukan orang yang mudah marah kok ketika diejek. Allah lebih tau maksud tulisan mbak jenny yang sebenarnya. kenapa kita harus berprasangka buruk?

    jika dikit2 reaktif, sebenarnya kita ini mencontoh siapa. sedangkan kita sering ngaku2 cinta rasulullah.

    dalam beberapa riwayat memang ada kok disebut nabi paling miskin dan paling kaya dalam harta. rasulullah termasuk satu dari beberapa yang paling miskin. tapi miskin harta dan apapun kondisi para nabi tidak akan menghinakan mereka. karena salah satu tanda kenabian adalah bukan orang yang hina. miskin hartanya rasulullah malah membuat kemuliaan beliau makin cemerlang. allahumma sholli ala muhammad.

    demikian pendapat saya my bro.
    semoga Allah menjauhkan saya dari sikap ujub dan riya dalam berwasiat.

  5. assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh.
    saudaraku seiman seagama.
    andai kata orang yang menghina ROSULLOH tahu.
    mungkin orang itu tidak akan menghina ROSULLOH.
    sebab orang yang beriman tahu bagaimana kehidupan ROSULLOH S.A.W.
    andai kata ROSULLOH gila HARTA,,tentunya ROSULLOH ORANG YANG PERTAMA YANG PALING TERKAYA DI DUNIA INI,,NAMUN ROSULLOH BUKAN SEORANG YANG GILA HARTA..SEBAB ROSULOH MALU SAMA TUHANNYA..BUKA KAYA KITA-KITA INI..KERJA KERAS BANTING TULANG HANYA KARENA UNTUK HARTA SEMATA,JILAT SANA JILAT SINI.UANG RAKYAT DI MAKAN HANYA KARENA MENGINGINKAN HARTA,,SAMPAI-SAMPAI MELUPAKAN TUHANNYA,,,,,SUPAYA TAHU SAJA,,BAGINDA ROSULLOH KETIKA DI CABUT NYAWANYA..APAKAH YANG BELIAU PIKIRKAN,,HARTAKAH...? KELUARGAKAH...? JABATANKAH,,? KESENANGAN DIRI BELIAUKAH..? PADAHAL BELIAU SUDAH ADA JAMINAN DARI ALLOH S.W.T BAHWA JAMINAN BELIAU ADALAH SYURGA,,,TETAPI BELIAU TIDAK..JUSTRU BELIAU MENGHAWATIRKAN UMATNYA..KITA SEMUA UMATNYA.YANG BELIAU KHAWATIRKAN,,,,TAPI KENAPA KITA SEBAGAI UMATNYA SEBEGITU MENGHINANYA.TERHADAP BELIAU,,,,KALAU ANDA SEBAGAI MUSLIM YANG MENGHINA BELIAU BAGINDA ROSULLOH BERTAUBATLAH SEBELUM AJAL TIBA,..KALAU ANDA NON MUSLIM SEMOGA ALLOH MEMBERIKAN PETUNJUK TERHADAP ANDA. AGAR ANDA KEMBALI KE JALAN YANG DI RIDHOI ALLOH S.W.T

  6. Fatoer says:

    Alhamdulillah,...ijin share kawan.

  7. Unknown says:

    Doa ini telah merasuk ke sanubariku

  8. Unknown says:

    Doa ini telah merasuk ke sanubariku

  9. Unknown says:

    Subhanallah DOA mustajab

  10. Unknown says:

    Insha Allah akan aku amalkan doa ini setiap hari

  11. Unknown says:

    Astaghfirullah ... Tidak memiliki hati tidak pula memiliki pikiran sepertinya sekiranya hanya ingin sekedar menjatuhkan nama Islam saja tidak perlu

  12. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

Leave a Reply